Pemijahan Ikan Columbia Tetra

Ikan Columbia Tetra ini berasal dari Amerika Selatan yaitu di negara Kolombia, Brazil, Argentina, Venezuela. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Hyphessobrycon bimaculatus termasuk jenis ikan omnivora.
Ikan ini dapat dipelihara pada suhu 25-28 derajat celcius,  pH 6,5 - 7,0 dan kekerasan 10 - 12 dH.

perbedaan antara jantan dan betina tidak terlalu mencolok, namun bila dilihat dari bentuk tubuh maka akan terlihat perbedaannya yaitu tubuh betina akan lebih besar bila dibandingkan dengan tubuh ikan jantan.

Kolam yang akan digunakan berukuran 1 Meter persegi yang dapat menampung 100 ekor induk. induk jantan dan betina yang akan dipijahkan di kolam memiliki perbandingan antara 1 : 4.

Pada kolam pemijahan perlu disimpan substrat untuk menempelkan telur ikan, substrat bisa berupa dari akar tanaman air. Telur hasil pemijahan ikan biasanya diserakan dan melekat di akar tanaman air. telur ikan kemudian dikeluarkan atau dapat diambil dari wadah pada hari berikutnya, atau bisa saja induk ikan yang diambil.

Untuk menetaskan telur tinggi air yang digunakan tidak terlalu tinggi cukup dengan ketinggian 10 - 15 cm.  Pada umur 2 hari telur ikan akan menetas kemudian menjadi larva. larva ikan akan mulai berenang setelah berumur 4 hari.

dalam pemeliharaan larva harus dilakukan secara hati-hati terutama ketika akan melakukan pergantian air. Pakan yang diberikan untuk benih ikan yang berukuran larva diberikan infusoria, kemudian setelah umur 3 hari larva ikan bisa diberikan kutu saring. 7 hari kemudian ikan dapat diberikan kutu air yang besar. setelah itu ikan dapat diberikan cacing sutra. ikan dapat dijual  pada ukuran 2,2 cm atau setelah ikan berumur 2,5 bulan. 

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk