Pembesaran Ikan Mujair di tambak

Ikan Mujair sudah banyak dikenal sebagai ikan tambak, sebab ikan ini dapat hidup dan tumbuh dengan baik di lingkungan tambak.

ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang dapat tumbuh dengan baik pada air payau atau air laut (salinitas 40 - 35 ppt).

Ikan mujair dapat dipelihara pada tambak dengan salinitas 10 - 20 ppt, dalam pembesaran ikan mujair di tambak benih ikan mujair sebelum dimasukan ke tambak diadaptasikan dahulu, yaitu dengan cara benih ikan mujair ditampung dahulu dalam bak, kemudian air laut dimasukan sedikit - demi sedikit sampai salinitas yang diinginkan, proses adaptasi memerlukan waktu selama 1 - 2  hari, pada setiap 8 - 10 jam salinitas air dinaikan menjadi 3 - 4 ppt..

kemudian setelah benih ikan beradaptasi untuk benih ikan dengan ukuran 10 g / ekor  ditebar pada air kolam dengan kepadatan 25 - 30 ekor/m2 atau sebanyak 250.000-300.000  ekor/ha.

ikan mujair selama dalam pemeliharaan di tambak diberi pakan berupa pakan buatan / pellet dengan kandungan protein sebesar 23 - 25%  dengan dosis pemberian pakan sebanyak 2- 4% dari bobot ikan.

Pemanenan ikan dilakukan setelah ikan mujair berumur 4 bulan dengan  bobot ikan pada waktu panen sebesar 250 - 300 g/ekor. 

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk