Pembenihan Ikan Nilem (pemijahan Cara Galunggung)

Pembenihan Ikan Nilem dapat dilakukan secara Alami Atau buatan dengan menggunakan hormon. Ikan Nilem merupakan ikan yang mudah memijah, maka selama ini pemijahan ikan nilem dialakukan secara alami di kolam-kolam tanah.

Pemijahan ikan nilem dengan cara Galunggung banyak dilakuan/diterapkan para pembenih di Desa Rancapaku Kabupaten Tasikmalaya.

Pemijahan dengan cara ini membutuhkan kolam pemijahan yang berukuran 1- 2 meter  persegi dan kolam penetasan dengan luas kurang lebih 20 meter persegi. Untuk lokasi pembenihan dengan sumber air yang keruh maka perlu disediakan kolam pengendapan lumpur dahulu. Kedalaman Kolam pemijahan ikan nilem bervariasi antara 50 cm kedalam air di dekat daerah pemasukan air dan sekitar 15 cm kedalam air didekat pintu pengeluaran air kolam.

disekitar daerah pengeluar air (outlet) perlu dipasangi batu-batu kecil atau bisa juga kerikil yang ditanami kakawatan. di depan pipa pengeluaran air dipasangi saringan untuk mejaga agar induk ikan nilem tidak menyeberang ke kolam penetasan. Pipa tersebut merupakan pipa penghubung antara kolam pemijahan dengan kolam Penetasan.

Kedalaman kolam penetasan antara 30 -40 cm dasar kolam penetasan harus berpasir dan perlu dikeringkan.

Induk yang akan dipijahkan dimasukan ke dalam kolam pemijahan sebanyak 20 pasang,  kemudian kolam dialiri air dan air yang dimasukan diperderas. pemijahan terjadi menjelah waktu subuh, tempat pemijahan terjadi di daerah dengan kedalaman kolam yang dangkal yaitu dekat pipa pengeluaran air kolam. Telur telur ikan nilem yang dilepaskan di kolam pemijahan terbawa air kolam dan masuk ke kolam penetasan. Induk nilem setelah memijah kemudian dipindahkan kembali ke kolam pemeliharaan induk.

Telur- telur ikan nilem pada kolam penetasan diratakan  dengan sapu lidi, setelah itu kolam diberi daun pisang untuk mengurangi teriknya matahari dan masuknya air hujan.  Setelah larva nilem berumur 5 hari dipanen untuk dijual atau dipelihara di kolam pemeliharaan benih. 

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Edwarsiellosis

Saprolegniasis