Rabu, 12 Juli 2017

Mekanisme Pemompaan air pada sistem pernapasan ikan

Mekanisme Pemompaan air dalam proses respirasi (pernapasan) pada ikan memiliki peranan yang penting dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Air kolam ataupun perairan lain sebagai tempat hidup ikan merupakan media bagi perkembangan dan pertumbuhan. Air masuk ke rongga mulut ikan melalui mulut, masuknya air ini  diakibatkan karena adanya perubahan volume buccal dan rongga operculum ikan.

Terjadinya Perubahan meninggi dan merendahnya atap dari faring ikan akan  mengubah ukuran pada rongga mulut ikan, sedangkan volume rongga operculum ini dipengaruhi oleh adanya gerakan operculum yang bergerak kearah dalam dan keluar.

Dari sekian banyak ikan yang  hidup pada perairan baik di kolam ataupun perairan umum seperti sungai, danau, rawa, dan laut, ada beberapa jenis ikan yang tidak aktif menyaring tetapi terus menerus berenang untuk mempertahankan arus yang melalui insang.

Efisiensi pertukaran gas pada teleostei sangat tergantung pada arus berlawanan dari air yang kaya oksigen, dengan darah yang miskin oksigen (counter current)