Sabtu, 08 Juli 2017

Kecerahan air kolam

Kecerahan pada air kolam adalah sebagian cahaya yang diteruskan ke dalam air dan dinyatakan dengan persen (%).

Cahaya matahari yang menembus dasar kolam dipengaruhi oleh kekeruhan (turbidity) air. sedangkan kekeruhan air dipengaruhi oleh :
- adanya jasad-jasad renik (plankton :Fithoplankton dan zooplankton)
- benda halus yang disuspensikan (lumpur)
- warna air

tingkat kecerahan air dapat menentukan dan mengetahui sejauh mana kemungkinan terjadinya proses asimilasi dalam air.

air yang tidak terlampau keruh dan tidak terlampau jernih baik untuk kehidupan ikan. kekeruhan yang baik adalah kekeruhan yang disebabkan oleh jasad renik yang ada di air (plankton). Plankton yang mengandung klorofil dan melakukan fotosintesis disebut sebagai fithoplankton, sedangkan plankton yang memakan fithoplankton karena tidak mampu untuk melakukan fotosintesis disebut zooplankton.

kekeruhan air yang terlampau keruh yang disebabkan oleh lumpur atau lebih-lebih yang disebabkan oleh hidroksida besi sangat berbahaya terhadap ikan. karena partikel tersebut akan menempel pada insang ikan yang akan mengganggu sistem pernapasan ikan, akibatnya bila insang terganggu maka ikan akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh protozoa dan bakteri.

Untuk nilai kecerahan yang baik bagi budidaya ikan yaitu sebesar 45 cm  (kita dapat melihat kedalam air sejauh 45 cm)

Alat untuk mengukur kecerahan air adalah keping secchi (secchi disk). yaitu keping berbentuk bulat dengan diameter 20 cm terbuat dari bahan seng dan dicat hitam putih.

adapula pengukuran secara sederhana yaitu dengan menggunkan telapak tangan yang dicelupkan ke dalam air. perhitungannya adalah apabila telapak tangan yang dicelupkan tidak tampak sedalam pertengahan lengan bearti air terlalu keruh, maka kondisi tersebut tidak baik untuk kehidupan ikan yang dibudidayakan.