Isopodiasis

Isopodiasis

A.  Penyebab : Nerocilla orbiguyi, Alitropus typus, dll.

B.  Karakteristik patogen :
-    Isopod merupakan parasit pemakan darah “blood feeder” yang berukuran relatif besar (10-50 mm),  bagian tubuhnya terdiri dari beberapa segmen dengan dilengkapi  sepasang mata.
-  Parasit jenis ini akan menginfeksi benih, pembesaran dan induk;  dan hampir semua jenis ikan rentan terhadap infeksi parasit ini terutama pada ikan-ikan yang mempunyai sisik.
-     Parasit menempel pada permukaan tubuh ikan, di dalam mulut, lubang   hidung atau tutup insang.

-    Kasus serius umumnya terjadi pada kegiatan budidaya ikan di karamba jaring apung (KJA), baik di ekosistem air tawar maupun pada air laut.

Penularan terjadi secara horizontal, dan pemicunya antara lain karena kondisi perairan budidaya dengan kepadatan  tinggi.
-    Ikan akan lambat tumbuh, bahkan sering mengakibatkan kematian   karena mengalami anemia atau karena infeksi sekunder oleh bakteri.

C.  Gejala Klinis :
-   Akan terjadi luka serta pendarahan pada tempat gigitan, secara visual jenis parasit ini akan tampak menempel pada tubuh ikan  terutama di bawah sisik atau pada pangkal sirip.
-    Hilang keseimbangan ikan, lemah, dan nafsu makan menurun.
-    Nekrosa pada jaringan insang atau kulit  ikan.

D.  Diagnosa :
-    Secara penglihatan oleh mata maka akan terlihat adanya parasit yang menempel pada tubuh ikan.

E. Pengendalian :
-    Parasit pada ikan dirontokan dalam wadah terbatas dengan bahan aktif  Temephos (Abate) pada dosis 1 mg/liter (akuarium), setelah parasit rontok, ikan kemudian dipindahkan ke wadah lain untuk diobati dengan desinfektan untuk mencegah adanya Infeksi sekunder oleh bakteri pada bekas gigitan parasit;
-        Menggunakan spotlight pada malam hari untuk mengumpulkan  parasit tersebut pada satu lokasi, kemudian diangkat dengan menggunakan sebuah jaring.

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Budidaya Mina Ayam

Edwarsiellosis