Rabu, 17 Februari 2016

Kriteria induk Ikan Gurame untuk dipijahkan

Kriteria induk Ikan Gurame untuk dipijahkan

Ikan Gurame dapat dipijahkan baik secara alami maupun buatan dengan cara tehnik kawin suntik. Ikan gurame dapat mudah dipijahkan secara alami.
Induk gurame
Induk ikan gurame yang dipilih adalah induk yang berkualitas. Induk yang berkualitas adalah induk ikan yang memiliki pertumbuhan yang cepat, badannya bersih, warnanya mulus, tidak cacat, tidak pucat dan bergerak lincah serta aktif.
Untuk induk gurame yang terpilih disimpan di kolam penampungan induk. Pada kolam penampungan induk kepadatannya jangan terlalu padat cukup 2 – 5 ekor/m2.  Induk selama dalam kolam penampungan induk diberikan pakan buatan yang mengandung protein sebanyak 25-30%  dengan pemberian sebanyak 2-3% berat biomasaa perhari dengan pemberian pakan  dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Pakan alami juga perlu diberikan kepada induk gurame seperti daun sente atau daun papaya sebanyak 2 hari sekali.

Induk ikan gurame yang dipilih untuk dipijahkan yaitu yang memiliki berat 2 – 3 kg/ekor untuk induk betina. Sedangkan untuk induk jantan berukuran anatara 1,5 – 2 kg/ekor. Umur induk ikan gurame yang dipilih harus sudah mencapai umur lebih dari 2 tahun. 
Untuk pemijahan dilakukan pada kolam yang berukuran 25 – 50 m2.
Perbedaan induk jantan dan betina ikan gurame :

Induk gurame jantan ditandai dengan tonjolan seperti cula pada kepala sedangkan pada induk betina tidak/atau ukuran tonjolannya lebih kecil.  Dasar sirip pada induk ikan jantan berwarna terang  sedangkan betina berwana gelap.