Jumat, 13 Maret 2015

Asal usul dan penyebaran ikan gurame

Penyebaran dan asal usul ikan gurame hingga saat ini belum banyak diungkap, dan hanya disebutkan bahwa ikan gurame berasal dari perairan Indonesia. Berarti hal ini menyebutkan bahwa ikan gurame sudah hidup dan ditemukan lama di perairan Indonesia. Tetapi ada juga yang menyebutkan beberapa literatur bahwa ikan gurame berasal dari Asia Tenggara, hal ini dibuktikan bahwa ikan gurame banyak ditemukan di Thailand dan Malaysia.
Pada literatur disebutkan bahwa tulisan ikan gurame telah ada sejak tahun 1802. pada literatur disebutkan bahwa ikan gurami berasal dari kepulauan  sunda besar. Setelah itu menyebar ke berbagai pulau lain di indonesia, seperti menyebar ke pulau Tondano, pada tahun 1902 ke madura pada tahun 1916, dan ke Filipina tahun 1926. Dan juga ikan gurame menyebar ke wilayah utara seperti ke Cina, Srilangka, india. Dan pada wilayah selatan gurame banyak  ditemukan di perairan Benua Australia. Khusus di Indonesia gurame banyak ditemukan di pulau sumatera, jawa, dan kalimantan.
Pada habitat aslinya gurame hidup dan tumbuh pada perairan tenang. Seperti rawa, danau dan situ. Pada umumnya ikan gurame dapat tumbuh berkembang dengan baik pada dataran rendah.