Hobi Ikan Mania: 2014-07-20

cari

Kamis, 24 Juli 2014

Perbedaan pengertian antara tambak dan Kolam



Perbedaan pengertian antara tambak ikan dan Kolam ikan







Tambak :
Wadah berupa lahan atau tempat yang dibuat khusus untuk membudidayakan ikan yang dibatasi oleh pematang atau tanggul yang letaknya di pantai atau pesisir, sumber airnya berasal dari air laut atau air payau.

Kolam :
Wadah berupa lahan atau tempat yang dibuat khusus untuk membudidayakan ikan yang dibatasi oleh pematang atau tanggul yang letaknya di daratan, sumber airnya merupakan air tawar yang berasal dari danau, waduk, sungai, saluran irigasi, rawa atau mata air. 
Sumber : Kementerian kelautan dan perikanan, direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Direktorat Produksi, tahun 2012. 


Kolam Ikan  adalah wadah untuk membudidayakan ikan,

1.            Undang-undang Republik Indonesia No. 45 tahun 2009, tentang perubahan atas  Undang-undang nomor 31 tahun 2004. Tentang Perikanan. Pasal 1 Ayat 3. Lingkungan sumber daya ikan adalah perairan tempat kehidupan sumber daya ikan, termasuk biota dan faktor alamiah sekitarnya


2.            Keputusan Menteri Kelautan dan  Perikanan  Republik Indonesia Nomor Kep.02/men/2007 tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik. BAB I Pengertian Umum  Huruf A. Poin 11.  Pengertian dari Wadah Budidaya  adalah tempat untuk memelihara ikan.

Kolam ikan  terdiri dari  :
1.            Kolam Air Tenang 
2.            Kolam Air Deras 

Rabu, 23 Juli 2014

ciri ikan sidat

ikan sidat
bahasa Inggris : Freshwater eels
di pulau jawa ikan sidat disebut dengan nama Mowa, Sidat, Olling, Lara.

Deskripsi
Ordo : Apodes
Famili : Anguillidae
Genus : Anguilla
Ciri - ciri ikan Sidat Tubuh Ikan sidat ini memiliki tubuh yang panjang serta tubuhnya dilapisi sisik kecil berbentuk memanjang. Susunan sisiknya tegak lurus terhadap panjang tubuhnya.
Pada Sirip bagian anus menyatu serta berbentuk seperti jari-jari yang melemah. sirip dada terdiri atas 14 - 18 jari-jari sirip (suitha dan Suhaeri, 2008) kulitnya halus berwarna kecoklatan. pada bagian punggung berwarna hijau, dan pada bagian perut berwarna putih bersih (Sasongko, dkk 2007)
pajang kepala sidat 8 - 12 kali mata. Badan berwarna gelap dan tidak berbintik-bintik dan bagian perut lebih cerah.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...