budidaya ikan di lahan sempit

budidaya ikan di lahan sempit

luas lahan usaha budidaya ikan yang semakin hari semakin menyempit akibat banyaknya  alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi lahan perumahan, industri, perdagangan membuat terbatasnya lahan budidaya ikan terutama khususnya untuk di daerah perkotaan yang semakin terbatasnya ruang untuk melakukan usaha budidaya ikan. Sementara disisi lain kebutuhan konsumsi pangan semakin meningkat terutama kebutuhan protein hewani yang diperlukan untuk pemeliharaan dan pertumbuhan.

Dari hal tersebut di atas kita perlu melakukan usaha budidaya ikan di lahan sempit. Salah satu usaha budidaya ikan di lahan sempit adalah usaha budidaya pada kolam terpal.

usaha budidaya pada kolam terpalsudah banyak dilakukan di berbagai daerah di indonesia.

umumnya untuk jenis ikan yang dibudidayakan pada kolam terpal yaitu jenis ikan yang mempunyai toleransi besar terhadap kandungan oksigen di dalam air. beberapa jenis ikan yang mempunyai toleransi tinggi terhadap jumlah oksigen yang minim adalah ikan lele dan  ikan gurame.

budidaya ikan pada kolam terpaltidak memakan ruang yang luas ukuran untuk kolam terpal umumnya yaitu panjang 3 m dan lebar 2 meter

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Budidaya Mina Ayam

Edwarsiellosis