Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 24, 2010

kolam pembesaran ikan lele

Gambar
kolam pembesaran ikan lele

konstruksi pematang kolam pembesaran ikan lele bisa terbuat dari kolam tembok atau kolam tanah, namun akan lebih menguntungkan jika pematangnya terbuat dari tembok mengingat sipat lele yang suka meloncat/merayap keluar kolam terutama pada malam hari.

pada foto di atas, kolam pembesaran ikan lele diberikan limbah bulu ayam, bulu ayam ini dijadikan sebagai pakan untuk lele. penggunaan pakan dari bulu ayam ini merupakan pakan alternatif yang merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya pengeluaran pembelian pakan. selain limbah bulu ayam kita juga bisa memanfaatkan limbah dari jeroan ikan, ayam yang mati, dan sisa - sisa makanan dari rumah makan atau restoran.
cetak halaman ini

bak pendederan benih ikan nila

Gambar
bak pendederan benih ikan nila

foto ini menunjukan bak pendederan ikan nila ketika bak tersebut telah diberi pupuk, kapur dan garam. kegiatan pemupukan, pemberian kapur dan garam merupakan kegiatan persiapan kolam untuk dijadikan tempat pendederan benih ikan.

pupuk yang diberikan pada kegiatan persiapan kolam ini yaitu berupa pupuk kandang (kotoran ayam) dengan dosis 200 gram/m2, kapur dan garam masing-masing 5 gram/m2 m2.
setelah kolam tersebut dipupuk kemudian kolam diairi. setelah diairi bak tidak langsung ditanami benih ikan tetapi didiamkan kurang lebih 3 hari dan diberikan bibit pakan alami berupa zooplankton (Daphnia) sebagai pakan untuk benih.


cetak halaman ini

Pengikut