Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 17, 2010

cara menghitung benih ikan nila hasil dari kolam pemijahan

Gambar
menghitung benih ikan nila hasil dari kolam pemijahan

kegiatan menghitung benih ikan nila ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa jumlah benih ikan nila yang dihasilkan dari kolam pemijahan.

alat yang digunakan untuk menghitung benih ikan nila ini yaitu sendok, ember, skopnet, hapa. cara menghitung benih ikan nila ini yaitu dihitung dengan menggunakan sendok makan, setiap satu sendok dihitung 5 (lima) - 10 ekor benih tidak dihitung satu-satu. hapa sebagai media hitung sebaiknya dibagi dua bagian dengan menyekat dengan batang kayu atau bambu. sekat pertama yaitu tempat untuk menyimpan hasil hitungan dan sekat kedua yaitu sebagai tempat untuk menyimpan benih ikan yang akan dihitung.

setelah benih dihitung kemudian benih bisa ditanam pada kolam pendederan ataupun bisa pula dijual kepada orang yang memerlukannya. sebaiknya perhitungan benih ini dilakukan sesuai dengan kebutuhannya, yaitu bila benih akan ditanam kembali maka kita harus menghitung benih menurut kepadatan benih ter…

kegiatan membersihkan bak / kolam pendederan benih/larva ikan nila

Gambar
kegiatan membersihkan bak / kolam pendederan benih/larva ikan nila

kegiatan ini dilakukan setelah selesai memanen benih ikan nila yang dipelihara selama 2 - 3 minggu di bak pendederan. Peralatan yang digunakan untuk membersihkan bak pendederan ini yaitu sikat, ember. Pembersihan bak pendederan ini berfungsi untuk membersihan sisa-sisa pupuk organik, lumut yang tumbuh di dasar maupun di dinding bak. Membersihkan bak pendederan dilakukan dengan tujuan untuk mencegah timbulnya bibit penyakit yang dapat berkembang pada sisa-sisa kotoran. lumut yang tumbuh di dasar kolam juga perlu dibersihkan karena bila dibiarkan lumut tersebut akan mengganggu benih ikan yang dipelihara, lumut dapat menjerat benih ikan nila. sehingga benih tidak bisa bergerak dan mencari makan dan akhirnya benih akan mati.
meskipun lumut merupakan pakan yang bisa dimakan oleh ikan namun untuk benih yang ditanam di bak pendederan ini belum bisa memakan lumut. karena ukurannya pun masih kecil-kecil. Selesai membersihkan bak…

Kegiatan membersihkan pematang kolam tanah

Gambar
Kegiatan membersihkan pematang kolam tanah

kegiatan pembersihan pematang kolam dilakukan ketika kolam akan dipakai untuk berbudidaya ikan. membersihkan pematang kolam yaitu membersihkan rumput- rumput yang tumbuh di pinggir pematang kolam, rumput ini perlu dibersihkan dan dibuang agar tidak mengganggu ikan yang akan dibudidayakan terutama bagi ikan yang masih kecil. karena apabila rumput tersebut dibiarkan tumbuh maka kemungkinan besar akan dijadikan sarang hama dan predator seperti ular dan lainnya.
membersihkan pematang kolam dapat menggunakan cangkul seperti yang terlihat pada foto di atas. membersihkan kolam dengan ukuran 20 x 15 m2 dapat diselesaikan sehari. Tehnik pencangkulan dilakukan secara teratur. selain fungsi yang telah disebutkan di atas, kegiatan pembersihan pematang kolam ini yaitu berfungsi juga untuk memperbaiki jika ada pematang yang rusak atau pun roboh akibat erosi

cetak halaman ini

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Gambar
Ikan Nila Jantan (atas) dan Ikan Nila Betina (bawah) yang mati akibat dari buruknya kualitas air pada kolam. kematian ikan nila ini tidak disebabkan oleh penyakit atau parasit, tetapi ikan nila ini mati karena kondisi volume air kolam yang sedikit akibat dari sumber irigasi sebagai sumber air kolam tidak mengalir.

pada waktu itu tidak ada air sedikitpun yang masuk ke kolam. sehingga kolam tidak terisi oleh air, dan kondisi kolam tanahnya sedikit porous sehingga air kolam secara drastis menurun, kolam tidak mampu menahan air lama. selain kondisi tanah kolam yang jelek kematian ikan nila ini juga disebabkan oleh kondisi cuaca yang panas, sehingga kolam airnya panas dan semakin menyusut akibat penguapan. Dengan air kolam yang menyusut maka ruang gerak ikan menjadi kecil dan suplai oksigen untuk respirasi ikan menjadi berkurang. dengan kondisi air seperti ini ikan nila tidak mampu bertahan dan ikan menjadi stres, selama 12 jam ikan nila pun mati.

pada kejadian di atas hal yang perlu dipe…

kolam / bak penjajaan ikan

Gambar
kolam / bak penjajaan ikan
bak penjajaan ikan biasanya terbuat dari bak tembok. hal ini disebabkan bahwa bak tembok lebih kuat dan tahan lama. Ukuran bak penjajan ikan biasanya tidak terlalu besar. yaitu sekitar 2 x 1,5 m. Untuk bak penjajaan yang tidak mempunyai sumber air masuk biasanya menggunakan pompa air sebagai alat sirkulasi agar ikan tetap hidup dan segar. Sirkulasi air dengan menggunakan pompa ini berfungsi untuk mensuplai oksigen ke air di dalam bak. karena oksigen dalam bak ini relatif sedikit akibat dari kepadatan tinggi dan tidak adanya pergantian air baru. bak penjajaan ini dibuat tidak hanya satu buah tetapi bisa 5, 6, 7 maupun lebih tergantung dari kebutuhannya. banyaknya jumlah bak ini disesuaikan dengan ukuran dan macam-macam jenis ikan. jadi setiap bak diisi dengan satu jenis ikan dan dengan ukuran tertentu.

http://hobiikan.blogspot.com/



cetak halaman ini

Pengikut