cara menghitung benih ikan nila hasil dari kolam pemijahan

menghitung benih ikan nila hasil dari kolam pemijahan

kegiatan menghitung benih ikan nila ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa jumlah benih ikan nila yang dihasilkan dari kolam pemijahan.

alat yang digunakan untuk menghitung benih ikan nila ini yaitu sendok, ember, skopnet, hapa. cara menghitung benih ikan nila ini yaitu dihitung dengan menggunakan sendok makan, setiap satu sendok dihitung 5 (lima) - 10 ekor benih tidak dihitung satu-satu. hapa sebagai media hitung sebaiknya dibagi dua bagian dengan menyekat dengan batang kayu atau bambu. sekat pertama yaitu tempat untuk menyimpan hasil hitungan dan sekat kedua yaitu sebagai tempat untuk menyimpan benih ikan yang akan dihitung.

setelah benih dihitung kemudian benih bisa ditanam pada kolam pendederan ataupun bisa pula dijual kepada orang yang memerlukannya. sebaiknya perhitungan benih ini dilakukan sesuai dengan kebutuhannya, yaitu bila benih akan ditanam kembali maka kita harus menghitung benih menurut kepadatan benih terhadap luas kolam pemeliharaan. Bila benih akan dijual maka biasanya kegiatan menghitung benih ini dikerjakan pada waktu konsumen membeli benih ikan, karena kita tidak mengetahui berapa jumlah benih yang diperlukan oleh konsumen. Namun bila konsumen sebelumnya sudah memesan benih maka benih pun harus sudah siap dan tersedia dari hasil hitungan.

cetak halaman ini

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Edwarsiellosis

Saprolegniasis