Minggu, 16 Agustus 2009

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

ikan gurame memiliki tubuh yang agak panjang, tinggi, dan pipih ke samping. Panjang maksimum ikan gurame bisa  mencapai 65 cm. mempunyai mulut yang  kecil, dengan posisi miring, dan dapat disembulkan ke permukaan air.


Gurame memiliki gigi yang berada di rahang bawah. Pangkal ekor gurami terdapat titik bulat berwarna hitam. Sirip ekor bentuknya  membulat. Sepasang sirip perut pada ikan gurame telah mengalami modifikasi menjadi sepasang benang panjang yang befungsi sebagai alas peraba.

Ikan Gurami memiliki garis lateral/gurat sisi/linea literalis tunggal, lengkap dan tidak terputus, serta memiliki sisik berbentuk stenoid (tidak membulat secara penuh) yang berukuran besar.

Umumnya, tubuh gurami berwarna kecokelatan dengan bintik hitam yang terdapat pada dasar sirip dada. Gurami yang berumur muda memiliki dahi berbentuk normal atau rata.  ukuran dahinya menjadi semakin tebal dan tampak menonjol bila ukuran gurame dewasa. pada tubuh gurami muda terlihat jelas ada 8-10 buah garis, tegak atau vertikal yang kemudian garis tersebut akan menghilang setelah ikan menginjak dewasa.